Eksplorasi Kuliner Nusantara Lewat Lomba Menghias Tumpeng

Posted by: Rangga Saputra
Category: Eat & Drink Our Event

Beragam lomba kerap digelar dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia. Pada perayaan HUT ke-74 RI kali ini, Hotel All Sedayu Kelapa Gading mengadakan lomba menghias tumpeng.

Kegiatan diikuti 15 tim dan berlangsung di The Square Restaurant, All Sedayu Hotel Kelapa Gading pada Jumat (16/8) sore. Selain menghias tumpeng, para peserta yang didominasi kaum hawa tersebut juga mengenakan kostum khas Nusantara.

Manajer All Sedayu Hotel Yudhi Meidiyanto mengatakan bahwa pihaknya rutin mengadakan lomba dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI. “Biasanya kami adakan untuk internal. Baru kali ini kami mengadakan lomba untuk umum,” ujar Yudhi saat ditemui Radarpena seusai lomba.

Keseruan dan Keceriaan para peserta lomba menghias tumpeng yang diadakan All Sedayu Hotel Kelapa Gading pada Jumat (16/8) sore dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia. 

Ia mengakui atensi dari masyarakat sangat luar biasa. Terbukti dari kebijakan panitia yang hanya membolehkan 5 orang peserta untuk setiap tim, namun lebih dari 85 orang mengikuti acara yang digelar hingga pukul 18.00 WIB tersebut.

Yudhi menjelaskan, beberapa peserta berasal dari tamu corporate All Sedayu Hotel.” Ada peserta merupakan siswa SMK, masyarakat sekitar kelapa gading, bahkan ada juga tamu yang sedang menginap ingin turut berpartisipasi,” tuturnya.

Manajer All Sedayu Hotel Yudhi Meidiyanto (kedua dari kiri) bersama para pemenang lomba menghias tumpeng dan kostum terbaik memeriahkan HUT ke-74 kemerdekaan Indonesia.

Sebagai tim penilai, panitia menghadirkan dua orang juri yakni Chef Lucky Permana dari Corporate Chef Indonesia Technology Chef Appliances, serta Professional Lecture Master National Culinary Services Academy (NCSA) Chef Mathias.

Pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai, sertifikat, dan bingkisan dari para sponsor. Selain tumpeng yang dilombakan, dipilih juga peserta dengan kostum terbaik. “Juara hari ini rencananya akan kami tandingkan lagi tahun depan,” imbuh Yudhi.

Selain sebagai bentuk apresiasi terhadap perayaan kemerdekaan RI, Yudhi mengatakan lomba menghias tumpeng ini juga bermaksud untuk menggali lebih jauh masakan Nusantara.

Sebagai rangkaian dari acara, diadakan juga segmen berbagi trik memasak mudah bagi para ibu. Uniknya, trik memasak tersebut dikemas dalam bentuk lomba memasak antar para peserta melawan koki-koki andal All Sedayu Hotel. Bahkan, Yuhdi pun turut ditantang keahliannya mengolah tempe sebagai bahan utama masakan.

Melengkapi perayaan, diadakan pula bebagi lomba untuk para karyawan All Sedayu Hotel. “Tapi puncaknya adalah hari ini, dengan mengundang masyarakat umum. Mungkin tahun depan kami akan buat lomba serupa, dan tak hanya tumpeng, konsep lain akan kami buat,” pungkas Yudhi.

Rangga Saputra

Leave a Reply